Navigation Menu+

Sinopsis Pengenalan Tokoh Serial King Suleiman

Posted on Dec 25, 2014 by in Film | 7 comments

Ssalah satu serial televisi yang paling banyak ditonton di seluruh dunia : Magnificent Century/King Suleiman (judul aslinya MUHTUSEM YUZYIL ) adalah seri sejarah Turki yang indah mewah dan sangat dinamis! Dilihat oleh ratusan juta orang di negara-negara Arab, Asia, Afrika, dan di Balkan, acara yang menunjukkan kehidupan sultan Suleiman dari abad ke-16 Turki, sultana nya, anak-anak, dan di produksi sebanyak 103 episode.

King Suleiman

A SULEIMANSuperstar Turki Halit Ergenc memainkan Suleiman, penguasa terkuat dari Kekaisaran Ottoman, yang terkenal karena cinta legendaris untuk Hurrem Sultan, serta hukum yang diterapkan. Selama 46 tahun pemerintahannya Suleiman menaklukkan Belgrade, Rhodes, dan sebagian besar Hongaria sebelum berhasil dipukul mundur dalam Pengepungan Wina tahun 1529. Ia menganeksasi sebagian besar Timur Tengah dan Afrika Utara (hingga sejauh Aljazair di barat). Di bawah kekuasaannya, armada perangnya menguasai Laut Tengah, Merah, dan Teluk Persia.

Suleiman lahir diperkirakan pada tanggal 6 November 1494 di Trabzon, di daerah pantai Laut Hitam. Pada usia tujuh tahun, ia dikirim untuk belajar sains, sejarah, sastra, teologi, dan taktik militer di sekolah Istana Topkapı di Konstantinopel. Sebagai seorang pemuda, ia berteman dengan Ibrahim, seorang budak yang di kemudian hari menjadi penasihatnya yang paling dipercaya. Pada usia 17 tahun, Suleiman ditunjuk sebagai Gubernur Kaffa (Theodosia), kemudian ia juga ditunjuk menjadi Gubernur Sarukhan (Manisa) setelah sebelumnya menjabat sebentar di Edirne. Saat ayahnya, Selim I (1465–1520), meninggal dunia, Suleiman kembali ke Konstatinopel dan mengambil kekuasaan sebagai Sultan ke-10.

Catatan yang dibuat oleh seorang utusan Republik Venesia, Bartolomeo Contarini, beberapa minggu setelah Suleiman naik takhta mendeskripsikan Suleiman sebagai berikut: “Ia berusia 25 tahun, tinggi, namun lincah, dan berkulit halus. Lehernya agak panjang, wajahnya pipih, dan hidungnya bengkok. Ia memiliki kumis dan janggut; pembawaannya menyenangkan meski kulitnya cenderung terlihat pucat. Konon ia adalah seorang tuan yang baik, suka belajar, dan menjadi harapan masyarakat untuk menciptakan kemakmuran dalam kekuasaannya.”

HURREM SULTANA (Aleksandra)

1 hurem sultana thumbDimainkan oleh akktris cantik dan seksi yang membuat hati berdebar, Meryem Uzerli. Hurrem adalah budak dari Ukraina yang sebelumnya bernama Aleksandra. Aleksandra menjadi setelah seluruh keluarganya tewas dibunuh oleh pasukan Tartar. Membuat kesan pada Suleiman dengan kecerdasan dan kecantikan, kekuatannya meningkat dengan melahirkan beberapa pangeran mahkota sehingga meningkatkan statusnya menjadi “Haseki Sultan anakbantalan selir favorit. Dia menjadi orang pertama yang mendapatkan status seorang wanita bebas dari Suleiman dan bahkan akan menjadi istri resmi suleiman (sesuatu yang belum pernah terjadi dalam sejarah). Musuh terbesar Hurrem akan berasal dari wanita lain di keluarga Suleiman, mulai dari istri pertama, ibu King Suleiman dan saudara-saudara perempuan King Suleiman, yang cemburu. Hurrem berhasil mengalahkan mereka semua dalam berbagai intrik yang mengejutkan dengan plot menarik dan adegan dramatis. Kecintaannya terhadap sultan akan mengatasi semua rintangan berbahaya, semua ancaman kematian, semua pembunuhan, penculikan.

Valida Sultana

A VALIDA SULTANAIbu Suleiman (Valide berarti ibu), dimainkan oleh Nebahat Cehreadalah putri dari Khan Crimea. Pada awalnya dia adalah musuh terbesar Hurrem dan ia bahkan mencoba membunuhnya beberapa kali, tapi sebelum kematiannya dia akan menyadari cinta sejati yang Hurrem miliki untuk sultan.

 

 

 

 

 

Hatije Sultana

Selma-Ergec-selma-ergec-33284262-637-383Dimainkan oleh Selma Ergec, adalah adik favorit Suleiman, yang menikah dengan sahabat karib Suleiman, Wazir Agung Ibrahim. Pada awalnya ia adalah sekutu untuk Hurrem, tapi kemudian dia akan menjadi musuh terbesarnya, karena meyakini bahwa Hurrem lah yang memerintahkan pembunuhan Ibrahim. Dia akan gila setelah kematian Ibrahim. Seperti musuh Hurrem lainnya, Hatice Sultan juga akan mati, bunuh diri karena malu dan takut akan murka Suleiman ketika menemukan bahwa ia lah yang bertanggung jawab atas penculikan Hurrem Sultan dan menyembunyikan Hurrem selama bertahun-tahun.

 

 

 

IBRAHIM PASHA

A IBRAHIM PASHATeman terbaik, ipar dan Wazir Agung King Suleiman dimainkan oleh Okan Yalabik. Ibrahim awalnya memeluk agama Ortodoks Yunani, dan ketika muda disekolahkan di sekolah istana di bawah sistem devshirme. Suleiman menjadikannya falconer kerajaan, lalu mengangkatnya menjadi perwira pertama ruang tidur kerajaan. Ibrahim Pasha diangkat menjadi Wazir Agung pada tahun 1523 dan kepala komando semua angkatan bersenjata. Suleiman juga menganugerahkan kehormatan beylerbey Rumelia kepada Ibrahim Pasha, yang memberinya kekuasaan terhadap seluruh wilayah Turki di Eropa, dan juga komando tentara di tempat tersebut pada masa perang. Menurut penulis kronik abad ke-17, Ibrahim telah meminta Suleiman untuk tidak mengangkatnya ke posisi tinggi itu, karena takut akan keselamatannya. Suleiman menjawab bahwa di bawah kekuasaannya apapun keadaannya, Ibrahim tidak akan pernah dihukum mati. Pada tahun ke-13 ia menjabat sebagai Wazir Agung, peningkatan kekuasaan dan kekayaannya membuat Ibrahim menjadi musuh bagi banyak orang di istana sultan dan Suleiman pun memerintahkan kematiannya dan Ibrahum dibunuh di kamar sebelah sultan. Bukti lain bahwa Anda  tidak boleh main-main dengan Hurrem sultana 🙂

MAHIDEVRAN SULTANA

A MAHIDEVRANPermaisuri kesayangan Sultan sebelum munculnya Hurrem, dimainkan oleh Nur Fettahoglu. Dia melahirkan anak pertama Suleiman, pangeran Mustafa, tapi kebencian nya terhadap Hurrem dan banyaknya plot licik terhadap kehidupan Hurrem, bersama-sama dengan pengaruh buruk dia ke Mustafa, bahwa Mustafa harus membunuh semua saudara-saudaranya agar bisa sampai ke tahta, akan menyebabkan nasib tragis: ia akan dipaksa untuk hidup dalam kemiskinan setelah anaknya Mustafa terbunuh karena pengkhianatan dan bersekongkol melawan ayahnya, sultan

 

 

 

Pangeran Mustafa

A MUSTAFA SEHZADEPutra tertua Suleiman, dan untuk waktu yang lama merupakan pangeran mahkota, Sehzade Mustafa dimainkan oleh Mehmet Günsür. Setelah tumbuh di Topkapi dan dibesarkan sebagai pewaris takhta, ia dikirim ke provinsi Manisa untuk mengasah kemampuannya  sebagai kepala distrik, namun karena, dan intrik-intrik Hurrem sultana (dilakukan untuk melindungi anak-anak Hurrem dari Mahidevran sultana), dia akhirnya dibunuh oleh perintah ayahnya karena dituduh ingin merebut takhta.

Duta besar Austria Busbecq mencatat “Di antara anak-anak Suleiman ada yang bernama Mustafa, yang sangat terdidik dan bijaksana serta dalam usia yang matang, 24 atau 25 tahun; semoga Tuhan tidak membiarkan barbar sepertinya datang mendekati kita”, dan juga menyebut “bakat alami yang luar biasa” yang dimiliki Mustafa

 

 MIHRIMAH SULTAN

A MIHRIMAH SULTANA 2Putri satu-satunya Suleiman dengan Hurremdimainkan oleh Pelin Bekiroglu. Setelah menyaksikan semua serangan tak tahu malu pada ibunya oleh semua bibi, dia menjadi pelindung terbesar Hurrem sultana. Dalam film dikisahkan ia punya banyak cerita romantis dengan Tashlijali bey, sahabat pangeran Mustafa, dan dengan Bali Bey, pria kepercayaan Suleiman, tapi dia kemudian menikah dengan Rustem Pasha, sekutu terkuat dan terbesar ibunya. Dia dalam segala hal adalah anak ibunya kuat, cerdas, kuat, tak terkalahkan. Tidak hanya berhasil mengalahkan semua musuh ibunya, tapi dia juga menjadi dukungan terbesar ayahnya setelah kematian Hurrem Sultana, dan dia membantu saudara laki-lakinya Bayezid dan Selim memerintah kerajaan setelah kematian Suleiman.

 

 

Pangeran Mehmet

A MEHMET SEHZADESehzade Mehmet dimainkan oleh Gurbey Ileri. Sebagai anak tertua Hurrem sultana, ia adalah harapan utamanya untuk mengalahkan Mustafa dan Mahidevran sutlana dalam perjuangan mereka merebut takhta. Dia baik, lembut, mencintai saudaranya Mustafa (meskipun semua intrik yang dilakukan Mustafa), tetapi pada akhirnya dibunuh oleh seorang laki-laki yang disewa oleh Mahidevran sultana (yang nantinya akan dihukum untuk itu dengan kematian anak satu-satunya Mustafa).

 

 

 

RUSTEM PASHA

A RUSTEM PASHADimainkan oleh Ozan Guven, Rustem memiliki kenaikan jabatan secara spektakuler dalam film. Dari kepala kandang istana ia menjadi penguasa kabupaten, anggota dari dipan sultan, suami dari Mihrimah sultan, dan  Wazir Agung Suleiman, semua berkat dukungan setia kepada Hurrem sultana dan kecerdasan luar biasa serta bakat yang dimiliki.

 

 

 

 

 

Malkocogly Bali Bey

A BALI BEYMalkocogly Bali Bey dimainkan oleh superstar Turki Burak Ozjivit. Sebagai seorang pejuang pemberani, ia menjadi  orang kepercayaan Sultan Suleiman  dan bendahara istana Topkapi. Dalam serial, ia menjadi fokus dari banyak adegan romantis sebagai orang yang berhasil merayu tidak hanya gadis biasa, tetapi juga tiga sultana Mihrimah, Esmahan dan Aybige, banyak wanita mulia dan putri beberapa duta besar.

7 Comments

  1. Saya suka mengikuti serial Abad kejayaan, terutama pada episode awal. Tapi setelah munculnya HUREM, tokoh yng ambisius dan pingin menang sendiri , sy jadi males. Ternyata seorang yang besar dan legendaris ditaklukkan oleh seorang wanita. Apalagi HAREM selalu mempengaruhi Bagunda Raja SUlaiman dalam memutuskan perkara di Kerajaan

  2. Sy sngt suka se x film abad kejayaan, meskipun menurut kebnyakan orng krg mendidik tp bagi sy sngt bagus dn bs buat pelajaran diri. Menilai sesuatu itu bukn dr covernya sj tp nilailah apa makna yg terkndung di film tersbt. Itulah br bijak coi..

  3. menurut saya hurrem itu bukan sosok yang seperti itu. ia adalah sosok yg baik, ia menjadi jahat karena semua orang membencinya karena ia menjadi kesayangan king sulaiman, menurut saya kejahatan yang ia perbuat adalah balasan atas kejahatan yang mereka buat terhadap hurrem. hurrem saja setia terhadap pelayannya, ia sangat baik bila ia diberikan perlakuan baik. jangan terlalu memojokan hurrem, karena hurrem itu bukan sosok jahat

  4. Malu….. Kok critanya irihati n saling bunuh hanya untuk tahta. Bukan ajaran islam… Tak patut dijadikan teladan. Untung aq cm baca skilas inti crita gak ngikuti tayangannya di antv

  5. Apapun alasannya, menurut saya HUREM adalah wanita yang kejam, jahat, licik, tidak punya hati, dan bahkan lebih menyeramkan dari seekor ULAR. Jika memang dia berbuat jahat hanya untuk melindungi dirinya, dia tidak seharusnya memfitnah dan menghancurkan anggota dinasti yang lainnya. Dia selalu mengatasnamakan cinta untuk segala perbuatan keji yang dilakukannya. Seharusnya jika dia memang mencintai Baginda, dia tidak akan membiarkan beliau bersedih kehilangan orang-orang yang dicintainya, terutama PANGERAN MUSTAFA.

  6. Abad kejayaan yg menuju kehancuran,harta tahta dan wanita lah yg akhirnya menghancurkan kesultanan ottoman ,sulaiman yg hebat bisa takluk pada seorang wanita yg penuh ambisi licik dan dan bermulut manis di dpn nya ,tp d belakang nya segala cara d lakukan agar rivalnya hancur terutama fitnahanya kpd mustafa ..walau dia berhasil meraih mimpinya tp d masa tuanya dia tidak tenang jg apalg pada akhirnya anak2nya slg bunuh demi tahta dan d tangan selim dan generasi selanjutnya proses kemunduran kesultanan ottoman dan tinggal nama ,pelajaran yg bisa d petik adalah apa yang kw tanam itu yg kw tuai..

  7. Pohon yg busuk akan memberikan hasil yg menyedihkan,jd kl kita berbuat buruk,hal buruk akan menyebabkan hal hal yg buruk bg orang orang yg kita sayangi.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *